Breaking

Selasa, 24 September 2019

Akar Bajakah Mengandung Antioksidan Berfungsi Melawan Sel Kanker


TAMAN OBAT  -

Penyakit kanker memang jadi momok setiap orang. Wajar saja, dari beratus tahun sejak dikenalnya dunia medis, kanker seolah jadi penyakit yang tidak ada satu obat untuk menyembuhkan layaknya penyakit-penyakit lainnya.

Kalau pun bisa sembuh dari serangan penyakit kanker, itu pun harus melalui serangkaian perawatan medis yang menguras banyak biaya. Kini, diklaim sudah ada satu obat penyakit kanker yang sederhana, yakni dari sebuah tanaman saja.

Akar Bajakah diketahui berbentuk batang pohon tunggal yang merambat dan berwarna coklat. Seperti dilansir dari tayangan AIMAN, batang akar tanaman akar bajakah ini kuat dan cukup besar.

Pohon akar bajakah ini merambat dengan ketinggian mencapai lebih dari 5 meter hingga puncak pohon lain. Akar pohon bajakah berada di dasar aliran air lahan gambut.

Akar bajakah ini berasal dari Kalimantan Tengah dan hidup di tengah hutan. Pohon akar bajakah hanya bisa hidup di tempat yang rimbun tengah hutan dan tidak banyak kena matahari.

Untuk menemukan tanaman akar bajakah ini, diketahui harus masuk ke tengah hutan yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Palangkaraya.

Dari hasil penelitian Kepala Laboratorium Bio Kimia dan Molekuler dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM), Eko Suhartono, akar Bajakah mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi melawan sel kanker.

Kandungan lain dalam akar bajakah lainnya adalah saponin, alkoloid, steroid, terpenoid, flavonoid, tanin, dan fenolik. Diketahui, jumlah antioksidan dalam akar bajakah ini juga cukup tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar