Breaking

Senin, 23 September 2019

Khasiat Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

TAMAN OBAT  -

Lebih dari sekadar bumbu masak, kayu manis diyakini mampu membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada orang dengan kondisi prediabetes dan diabetes tipe 2.

Kayu manis juga diyakini membawa manfaat lain untuk kesehatan, seperti meringankan rasa tidak nyaman akibat infeksi saluran kemih, meredakan peradangan sendi karena rheumatoid arthritis, dan mencegah demensia.

Menurut Hillary Cecere, MS, RDN, ahli diet terdaftar untukEat Clean Bro, manfaat kesehatan kayu manis sebagian besar berkat antioksidan. 

"Antioksidan dan polifenol yang kuat ini mendukung kesehatan secara keseluruhan dengan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif melalui radikal bebas yang bisa berbahaya," tambah Malina Malkani, MS, RDN, CDN, dan pencipta  Gaya Hidup Wholiter.

Cecere mencatat bahwa tidak semua kayu manis memiliki nilai gizi yang sama. Ada dua jenis utama yaitu Ceylon dan Cassia cinnamon. Cassia lebih terjangkau dan populer daripada Ceylon, tapi Ceylon lebih aman dalam jumlah yang lebih besar.

Meskipun penelitian menunjukkan kayu manis secara positif memengaruhi banyak kondisi kesehatan, diperlukan lebih banyak penelitian. 

Manajer komunikasi nutrisi untuk International Food Information Council, Alyssa Pike, RD, menambahkan bahwa kayu manis tidak boleh menggantikan makanan, kebiasaan, atau obat-obatan sehat lainnya (bila perlu).

Tapi Anda dapat dengan senang hati menaburkan kayu manis ke makanan untuk manfaat kesehatan atau untuk manfaat kecantikan.

Mengurangi peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan antioksidan dalam kayu manis juga bisa bersifat antiinflamasi. Jadi kayu manis juga bermanfaat untuk rasa sakit, nyeri otot, dan pembengkakan, kata Cecere. 

Kayu manis bisa mengurangi risiko penyakit jantung

Malkani mengatakan bahwa kayu manis dapat mempengaruhi faktor-faktor yang berhubungan dengan penyakit jantung, tetapi tidak ada bukti klinis yang cukup untuk mengetahui dengan pasti. 

Satu studi review menemukan bahwa 120 mg kayu manis per hari dapat meningkatkan kolesterol LDL, kadar trigliserida, dan kolesterol total, kata Cecere. 

Studi lain menemukan bahwa orang dengan diet tinggi rempah-rempah seperti kayu manis dan kunyit yang makan makanan berlemak mengalami penurunan kadar trigliserida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar