Breaking

Senin, 23 September 2019

Manfaat Daun Talas Bagi Kesehatan

TAMAN OBAT  -

Daun talas yang hijau dan besar biasanya dibuat menjadi menu masakan tumis. Sedangkan tanaman talas sendiri cukup populer dijadikan keripik, bahkan menjadi makanan pokok pengganti nasi di beberapa negara seperti Brasil, Kolombia, serta Filipina. 

Tanaman talas ini biasanya tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini sangat fenomenal karena semua bagiannya dapat dimakan dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Apalagi daun talas mengandung berbagai nutrisi yang sangat besar.

Manfaat daun talas untuk kesehatan didukung oleh kandungan nutrisinya yang sangat banyak. Kandungan baik dari daun talas seperti protein, serat makanan, asam askorbat, zat besi, riboflavin, mangan, tembaga dan lain-lain.

Namun karena mengandung kalsium oksalat yang bisa menyebabkan gatal pada tenggorokan, mengolah daun talas harus direndam semalaman sebelum dimasak. Berikut di rangkum tentang manfaat daun talas untuk kesehatan dari berbagai sumber, Senin (12/8/2019).

Mengurangi kolesterol

Manfaat daun talas yang pertama adalah mengurangi kolesterol. Siapa sangka daun talas tidak memiliki kolesterol (0%) sedangkan lemaknya hanya 1%.

Oleh karena itu, penderita kadar kolesterol tinggi sangat disarankan untuk mengonsumsi daunt alas untuk menutunkan kadar kolesterol. 

Apalagi daun talas juga tinggi serat dan mengandung metionin yang dapat memceah kolesterol. Jadi, daun talas bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan.

Memperkuat perkembangan janin

Manfaat daun talas selanjutnya berguna bagi wanita hamil. Hal ini karena kandungan asam folat pada daun talas yang merupakan kebutuhan wanita pada saat hamil.  

Folat tidak hanya penting untuk perkembangan janin normal tetapi juga dapat mencegah sebagian besar ketidaksempurnaan kelahiran seperti cacat saraf. 

Selain itu, folat juga berperan penting dalam sintesis DNA dan bahkan juga bermanfaat untuk mencegah kanker rektum dan kanker usus besar.

Mencegah proses penuaan

Kandungan bergizi seperti vitamin A, B, C, dan mineral termasuk mangan, seng, tembaga, selenium, kalium, dan lain sebagainya pada daun talas dapat mencegah penuaan dini.

Hal ini disebabkan karena semua kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang baik yang membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, daun talas bebas gluten, rendah sodium dan bebas kolesterol.

Mengobati anemia

Manfaat daun talas berikutnya tidak lepas dari kandungan zat besi yang dimilikinya. Zat besi dikategorikan sebagai mineral mendasar karena perannya sangat penting dalam membantu mengembangkan sel darah merah.

Selain itu, zat besi diperlukan dalam mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Bagi penderita anemia, mengonsumsi daun talas secara rutin dapat memberikan kekurangan zat besi.

Meningkatkan kesehatan jantung

Masalah jantung rentan terhadap asupan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Untungnya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daun talas terbukti memiliki lemak jenuh dalam kadar rendah.

Daun ini diklaim sebagai makanan sehat untuk menjaga jantung kamu. Serat di dalam daun dapat mencegah penumpukan kolesterol dalam aliran darah.

Sementara itu, kandungan kalium pada daun talas juga sangat penting dalam membantu menjaga tekanan darah sehingga akan selalu terkendali. Ini dapat menurunkan kadar homocysteine di dalam darah untuk mencegah stroke dan masalah jantung.

Baik untuk kesehatan mata

Untuk menjaga kesehatan mata, kamu perlu mendapat asupan vitamin A. Salah satu sumber vitamin A terbaik berasal dari daun talas.

Vitamin A yang ada dalam daun talas memiliki kadar tinggi sehingga dapat diandalkan untuk mendukung penglihatan normal dan kesehatan mata. 

Daun ini tidak hanya meningkatkan kesehatan mata, tetapi juga membantu menjaga ketajaman penglihatan dan mencegah berbagai gangguan mata seperti miopia, katarak, dan kebutaan.

Meningkatkan energi

Ketika kamu membutuhkan pasokan energi, maka kamu membutuhkan makanan tertentu yang mengandung banyak energi setelah dikonsumsi. 

Daun talas dapat melepaskan energi yang kamu butuhkan. Ini mengandung protein tingkat tinggi sehingga akan menjadi sumber makanan penting untuk energi tambahan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat terpenting dalam daun talas adalah perannya dalam pengembangan sistem kekebalan tubuh. Daun talas memiliki vitamin C dalam tingkat yang sangat tinggi per sajian.

Oleh karena itu merangsang pembentukan lebih banyak sel darah yang membela tubuh manusia dari patogen yang tidak diketahui. Hal ini dapat memastikan tubuh kamu tidak rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar