Breaking

Jumat, 27 September 2019

Manfaat Tanaman Serai Bagi Kesehatan


TAMAN OBAT  -

Tanaman serai dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Lemongrass. Serai sekilas mirip dengan tanaman daun bawang dan masuk ke dalam famili rumput-rumputan. 

Tanaman ini berasal dari daerah Ceylon, Sri Lanka yang kemudian menyebar dan tumbuh alami di negara-negara tropis. Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman bumbu dan tanaman obat.

Serai tumbuh berumpun membentuk gelombang besar. Tanaman ini dibagi menjadi dua golongan yaitu, serai lemon atau serai bumbu (Cymbopogon citratus DC) dan serai wangi atau sereh sitronela (Cymbopogon nardus DC). Waktu berbunganya dari Januari sampai dengan Desember.

Tanaman ini  memiliki tinggi antara 50-100 sentimeter dengan panjang daun mencapai 70-80 sentimeter dan lebarnya 2-5 sentimeter. Akarnya berimpang pendek dan berwarna coklat muda. Daunnya merupakan daun tunggal dengan bangun garis/linear berjumbai. 

Tepi daunnya kasar dan tajam, tulang daunnya sejajar, serta permukaan atas dan bawahnya berambut. Daun tersebut membungkus batangnya yang tegak dan berwarna putih. Jika daunnya diremas maka akan tercium bau yang khas.

Komponen kandungan serai yakni geraniol, methylpheptenone, euganol, kadinol, dan limonen. Selain itu, beberapa jenis serai mampu menghasilkan minyak atsiri. 

Diolah dari berbagai sumber, rebusan serai bermanfaat untuk mengobati sakit kepala, mengobati nyeri otot dan sendi, memperlancar menstruasi, mengobati luka memar dan bengkak, mengobati insomnia, dan mencegah munculnya diabetes.

Tanaman herbal ini juga dimanfaatkan sebagai aromaterapi oleh bangsa India dan Timur Tengah. Di Indonesia serai sendiri diketahui ampuh mengusir nyamuk karena aromanya yang tidak disukai oleh nyamuk. 

Cara memanfaatkan serai sebagai pengusir nyamuk adalah dengan menumbuk serai dan didiamkan beberapa saat sebelum tidur.

Meskipun banyak khasiat dari tanaman serai, rebusan serai memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan khususnya bagi kaum hawa. Serai dapat memicu aliran menstruasi, ada kekhawatiran bahwa serai bisa menyebabkan keguguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar