Breaking

Jumat, 20 September 2019

Manfaat VCO untuk Wajah, Beda dengan Minyak Kelapa Biasa

TAMAN OBAT  -
Manfaat VCO untuk wajah dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit. VCO atau virgin coconut oil diperoleh dari daging buah kelapa segar. 

Minyak ini diekstraksi dengan proses mekanis atau alami, berbeda dengan minyak kelapa biasa yang telah melalui proses kimia.
 
Manfaat VCO untuk wajah dinilai lebih baik dari jenis minyak kelapa lainnya. VCO banyak ditemukan dalam campuran produk perawatan kulit dan kosmetik. Manfaat VCO untuk wajah didapat dari sifat pelembab dan antioksidan yang sangat baik.

Senyawa alami di dalamnya membuat manfaat VCO untuk wajah begitu nyata. Selain dari produk kecantikan, kamu bisa mendapatkan manfaat VCO untuk wajah dengan mengaplikasikan minyak ini langsung pada wajah. Ada banyak manfaat VCO untuk wajah yang dapat dinikmati dengan rutin mengaplikasikannya pada kulit.

Asam lemak rantai menengah menjadi kompoen utama yang menguntungkan bagi kulit. Profil asam lemaknya meliputi asam laurat (49%), asam miristat (18%), asam palmitat (8%), asam kaprilat (8%), asam kaprat (7%), asam oleat (6%), asam linoleat ( 2%), dan asam stearat (2%). 

Semuanya mampu menembus secara efektif melalui beberapa lapisan kulit. Berikut manfaat VCO untuk wajah yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Senin (16/9/2019).

Membunuh Mikroorganisme Berbahaya

Asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kulit dari mikroorganisme berbahaya. 
Ini sangat penting untuk kesehatan kulit, karena banyak jenis infeksi kulit, termasuk jerawat, selulitis, folikulitis dan kaki atlet, disebabkan oleh bakteri atau jamur.
Mengoleskan VCO langsung ke kulit dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme ini. Ini karena kandungan asam lauratnya yang membentuk hampir 50% asam lemak dalam VCO.
Satu studi menguji sifat antibakteri dari 30 jenis asam lemak terhadap 20 strain bakteri yang berbeda. Asam laurat ditemukan sebagai yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri.
Asam lemak rantai menengah lain yang ditemukan dalam minyak kelapa adalah asam kaprat. Seperti asam laurat, asam kaprat telah terbukti memiliki sifat antimikroba yang kuat.
Mengurangi Peradangan
Peradangan kronis adalah komponen utama dari berbagai jenis gangguan kulit, termasuk psoriasis, dermatitis kontak dan eksim. Menariknya, minyak kelapa telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. 
VCO menunjukkan potensi besar dalam kemampuannya untuk mengurangi peradangan ketika dikonsumsi atau dioleskan ke kulit.
VCO idak hanya ditemukan memiliki efek antiinflamasi, tetapi juga menghilangkan rasa sakit. Minyak kelapa dapat meredakan peradangan dengan meningkatkan status antioksidan. 
Antioksidan bekerja dengan menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh, menetralkan atom reaktif yang dapat berkontribusi terhadap peradangan.
Membantu Mengobati Jerawat
Sementara beberapa orang berpikir minyak kelapa menyumbat pori-pori, penelitian yang cukup banyak menunjukkan bahwa VCO sebenarnya dapat membantu mengobati jerawat. 
Karena minyak kelapa dan komponennya dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh, minyak kelapa juga dapat membantu dalam perawatan jerawat.
Selain itu, sifat antibakteri dari asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi jerawat. 
Sebuah penelitian pada hewan dan tabung percobaan tahun 2014 menunjukkan bahwa asam laurat dan kaprat berhasil mengurangi peradangan dan mencegah jerawat dengan membunuh bakteri.
Melembabkan Kulit Kering
Selain efeknya pada jerawat dan peradangan, mengoleskan VCO ke kulit juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. 
Menjaga kulit tetap terhidrasi dapat membantu menjaga fungsinya sebagai penghalang untuk mencegah bakteri, mempromosikan penyembuhan bekas luka dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.
Beberapa studi menunjukkan bahwa VCO memiliki peran meningkatkan hidrasi kulit dan sama efektifnya dengan mineral oil lainnya. VCO juga telah terbukti membantu mengobati eksim, suatu kondisi kulit yang ditandai dengan ruam bersisik dan gatal. 
Menerapkan VCO secara topikal dapat meningkatkan fungsi penghalang kulit dan menawarkan perlindungan UV.

Bantu Penyembuhan Luka

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa juga dapat membantu penyembuhan luka. Ditemukan bahwa mengobati luka dengan minyak kelapa murni (VCO) mempercepat penyembuhan, meningkatkan status antioksidan dan meningkatkan kadar kolagen, protein penting yang membantu penyembuhan luka.
Minyak kelapa murni menghambat produksi senyawa proinflamasi dan membantu menyembuhkan luka dan bekas luka. 
Selain meningkatkan penyembuhan luka, sifat antimikroba juga dapat mencegah infeksi, salah satu faktor risiko utama yang dapat mempersulit proses penyembuhan.

Tingkatkan Penampilan Kulit

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa memiliki efek menguntungkan pada produksi kolagen. Kolagen membantu kulit mempertahankan kekencangan dan elastisitas. 
Membantu mempertahankan dan memproduksi kulit kolagen dapat menghilangkan pembentukan garis-garis halus dan kerutan.
Selain itu minyak kelapa murni dapat mencerahkan kulit dan dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik gelap atau warna kulit yang tidak merata. Memadukannya dengan air lemon dapat meningkatkan manfaat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar