Breaking

Jumat, 11 Oktober 2019

Buah Buni Dapat Mencegah Kanker

TAMAN OBAT -

Buah Buni adalah buah baccaatau berrydengan nama latin Antidema thwaitesianum. Sekilas buah ini mirip buah anggur, bentuk bulat, kecil dan bergerombol. 

Buah Buni matang bisa langsung dimakan atau dibuat selai. Bagi Anda yang suka lalapan, daun dari buah Buni muda akan membuat lalapan terasa nikmat. Kandungan buah Buni, memiliki gizi dan fitonutriennya yang tinggi. 

Buah Buni mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin C, Provitamin A (karotenoid), Vitamin B1, Vitmain B2, Vitamin E, Mineral besi, dan Fosfor, Kalium dan serat-serat, Alkaloida dan Friendelin.

Buah Buni mulai langka, namun manfaat buah buni sudah dikenal lama. Berikut beberapa diantaranya.

1. Daya Tahan Tubuh. 

Vitamin C dosis tinggi pada buah Buni dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga kaya serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta menjegah terjadinya kanker usus (colon). Buah bisa dimakan langsung atau dimasukkan dalam olahan makanan.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh.  

Buah Buni baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan dapat sebagai antioksidan tubuh. Konsumsi buah Buni setelah kerja keras akan mampu menyegarkan tubuh.

3. Kesehatan Mata

Kandungan provitamin A dalam buah buni sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mampu mencegah terjadinya mata rabun dini. Buah dimakan langsung atau menjadi makanan olahan.

4. Mengobati Penyakit Sipilis.  

Meski belum diketahui pasti riset-riset tentang buah Buni, namun fungsi buah ini sudah dikenal sejak lama untuk mengobati penyakit Sipilis.

5. Memperlancar Saluran Pencernaan.  

Buah Buni kaya akan serat. Konsumsi buah Buni secara teratur akan mengisi kekurangan serat di dalam tubuh.  Sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan. Buah Buni mampu untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

6. Cegah Kanker

Buah Buni bisa juga berfungsi sebagai buah yang memiliki fungsi antioksidan untuk pencegah kanker serta mencegah penuaan dini. Adanya zat antioksidan mempunyai kemampuan menangkal efek radikal bebas, mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

7. Peremajaan Kulit

Kandungan Vitamin C dan Vitamin E akan bermanfaat menjaga kesehatan kulit karena akan meningkatkan proses degenerasi, menutrisi kulit, meremajakan kulit, serta dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit akan tampak lebih halus, putih, kencang, dan bersinar.

8. Cegah Hipertensi. 

Buah Buni bisa bermanfaat untuk Antihipertensi dan kesehatan jantung. Pemakaian secara rutin akan menghindari risiko darah tinggi, kerja jantung yang abnormal, serta aterosklerosis. Buah Buni juga bisa dimanfaatkan untuk penderita kurang darah (anemia).

9. Cegah Kholesterol. 

Buah buni bisa bermanfaat untuk mencegah kholestrol tinggi. Pemakaian secara rutin akan menurunkan risiko kholesterol tinggi, dan menurunkan lemak.

10. Mengobati Bisul & Gatal Gatal

Sifat anti-inflamasi dan diuretik alami pada buah Buni dapat mengatasi berbagai penyakit kulit. Seperti misalnya gatal karena alergi, gatal karena gigitan nyamuk, bisul, jerawat, dan lain sebagainya. Buah Buni bisa sebagai obat luar untuk luka dan gatal-gatal. Oleskan daun/buah yang sudah dihaluskan/ditumbuk ke luka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar