Breaking

Jumat, 11 Oktober 2019

Fakis Mengandung Berbagai Vitamin

TAMAN OBAT -

Pakis memiliki batang, rimpang, daun, daun muda dan tunas yang dapat digunakan untuk makanan. Tanaman pakis sering digunakan sebagai bahan makanan di Hawaii. 

Hal ini karena diyakini memakan pakis dapat meningkatkan produksi susu. Daun muda pada pakis dapat dibuat sayur ataupun disantap, baik sebagai salad atau sebagai sayuran setelah memasak. 

Masyarakat Filipina biasa memasaknya dengan cara dikukus. Pakis yang banyak digunakan untuk keperluan memasak adalah pakis muda dengan daun yang melingkar erat.

Kandungan Gizi Daun Pakis

Satu ons pakis dapat menambahkan hingga sepuluh kalori. Ini adalah sumber protein yang baik dan zat besi yang dikandung oleh tanaman ini. 

Pakis mengandung vitamin A dan C, fosfor, kalium, dan kalsium. Hal ini menjadikan rendah kolesterol dan mengandung sodium. 

Vitamin A memberikan manfaat untuk kesehatan mata yang lebih baik, dan vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam produksi kolagen dalam tubuh. Fosfor dan kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi.

Pakis adalah kelompok tanaman vaskular primitif yang telah ditemukan dan tersebar di seluruh dunia. 

Meskipun, tidak banyak pertimbangan telah diberikan terhadap utilitas pteridophytes ini, namun memiliki kepentingan ekonomi yang sama termasuk dapat dimanfaakan untuk yang obat. 

Caius (1935) menjadi orang pertama yang telah menggunakan obat pada beberapa tanaman pakis dari India.

Pakis dapat sembuhkan berbagai gigitan dan penghilang racun ruangan

Pada suku India juga telah menggunakan pakis selama berabad-abad. Mereka menggunakan pasta daun atau bubuk pakis untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti gigitan lipan, luka, penyakit kulit, dan batuk. 

Pakis diyakini dapat mengobati gigitan ular, sengatan lebah dan luka dapat diobati dengan menggunakan pakis. Pakis digunakan sebagai tanaman indoor, pakis berkontribusi dalam menghilangkan racun dari udara seperti formalin. 

Formaldehida biasanya ditemukan di karpet, jok, dan penyegar udara. Hal ini dapat menyebabkan pembakaran di mata dan tenggorokan serta rasa mual. 

Pakis juga dapat sebagai pelembap dan obat langsung bagi kulit yang kering, biasanya efek samping dari terlalu banyak pendingin udara membuat kulit menjadi kering

Pakis Sembuhkan parasit, sakit perut dan antihiperglikemia

Pakis juga memiliki manfaat kesehatan lainnya adalah untuk mengobati parasit internal seperti cacing. Selain itu juga digunakan sebagai pencahar untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan sembelit. 

Studi menunjukkan bahwa pakis bertindak sebagai alat kontrasepsi dan memiliki efek antihiperglikemia. Ini berarti bahwa hal ini membantu untuk menurunkan kadar gula darah, yang berguna bagi penderita diabetes.

Pakis sebagai antioksidan yang baik dan anti bakteri

Karena daun pakis mengandung flavanoid sehingga dapat menjadi seumber antioksidan. Fungsinya adalah untuk menangkal radikal bebas untuk sel tubuh manusia jika mengkonsumsinya. 

Tentunya manfaat nyata yang dapat dirasakan adalah mencegah penuaan lebih cepat juga berbagai penyakit degeneratif yang muncul karena radikal bebas. 

Kemudian fungsi sebagai antibakteri adalah manfaat yang didapatkan dari flavanoid dengan protein ekstraseluler sehingga membentuk suatu senyawa yang kompleks dan menghambat pertumbuhan sel-sel bakteri. 

Manfaat dari antibakteri ini adalah dapat digunakan sebagai bahan pengawet di bahan pangan lainnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar