Breaking

Minggu, 06 Oktober 2019

Krokot Mengandung Omega 3

TAMAN OBAT -

Tanaman krokot (Portulaca) adalah tumbuhan liar yang banyak tumbuh dilahan-lahan pertanian, tepi jalan, atau halaman rumah. Portulaca merupakan salah satu genus dari tanaman suku Portulacaceae. 

Didunia terdapat sekitar 100 spesies Portulaca yang ditemukan di daerah tropis dan daerah yang memiliki empat musim. Batang krokot berbentuk bulat yang seluruhnya berada diatas permukaan tanah, batang berwarna coklat keunguan dan memiliki rasa sedikit asam dan asin. 

Daun krokot berwarna hijau dengan warna batang kemerahan, warna daun permukaan atas berwarna hijau tua dan permukaan bawah daun berwarna merah tua. Krokot mengandung omega 3, asam alfa-linolenat dan asam lemak. 

Kandungan asam lemak pada krokot lebih tinggi daripada ikan. Daun krokot adalah sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin A tertinggi jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. 

Tanaman krokot juga mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks (karotenoid, prydoxine, riboflavin dan niacin). Selain itu, krokot juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, kalium, mangan, besi serta magnesium. 

Krokot berkhasiat untuk menyehatkan mata, anti radang, antioksidan, mengurangi resiko stroke, penawar bisa lipan, mengobati wasir dan sakit kuning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar