Breaking

Selasa, 01 Oktober 2019

Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan


TAMAN OBAT  -
Melati (Jasminum sambac, ait.) adalah sebuah bunga yang memiliki wangi harum dan mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. 
Manfaat bunga melati sudah dikenal oleh banyak masyarakat dari berabad-abad lalu sebagai obat herbal khususnya di wilayah Mediterania.

Melati banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon sehingga tentu saja bunga melati mempunyai banyak manfaat. Berikut diantaranya:

1. Mengobati Sesak Nafas

Bunga melati dipercaya dapat mengobati sesak nafas. Caranya sangat mudah yaitu:
Rebus 20 lembar bunga melati, garam, dan 3 gelas air secara bersamaan
Tunggu hingga rebusan air hanya tersisa untuk dua gelas. Sesudah air rebusan dingin, saringlah air rebusan bunga melati tersebut dan minum. Lakukan ini dua kali sehari yaitu saat pagi dan sore.
2. Mengobati Demam dan Sakit Kepala
Saat anda atau anggota keluarga mengalami demam yang tinggi jangan panik namun segeralah mencari bunga melati untuk membuat obat herbal. Caranya:

Siapkan segenggam bunga melati. Remas-remas bunga melati hingga agak hancur dan rendam dalam air. Air bunga melati kemudian digunakan untuk mengompres.

3. Mengobati Sengatan Lebah atau Serangga

Dengan menggunakan bunga melati sengatan lebah yang sangat beracun dapat anda sembuhkan, caranya: 

Siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus. Tempelkan bunga melati yang sudah halus ke bagian tubuh yang tersengat lebah atau serangga.

4. Mengobati Sakit Mata

Sakit mata seperti iritasi ataupun keluarnya belek terus menerus dari mata dapat diobati dengan melati, caranya: 
Siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus. Tempelkan di dahi diatas mata. Apabila bunga melati sudah kering segera ganti dengan yang baru.

5. Menurunkan Berat Badan

Bunga melati juga dapat menurunkan berat badan apabila dikombinasikan dengan teh hijau karena mempunyai banyak kandungan antioksidan dan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang bekerja efektif di tubuh untuk proses pembakaran lemak dan tentunya lemak di tubuh yang menumpuk dapat berkurang.

6. Mencegah Kolesterol

Kolestrol yang ada pada tubuh manusia ada dua jenis yaitu yang sifatnya baik dan jahat. Kolesterol jahat atau biasa disebut dengan LDL merupakan penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang membuat darah tidak bisa mengalir dengan lancar. 
Apabila terjadi akan merangsang adanya serangan jantung, untuk mencegahnya anda dapat mengonsumsi teh bunga melati untuk membuat kolesterol dalam darah turun.

7. Mencegah Penuaan

Meminum satu cangkir teh bunga melati setiap hari dipercaya akan mencegah penuaan karena bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerutan di kulit termasuk kulit kering.

8. Membuat Rambut Menjadi Kuat

Apabila anda mengalami kebotakan atau rambut yang secara terus menerus rontok, anda dapat mencoba khasiat bunga melati sebagai obat herbal untuk rambut anda. Cara:

Siapkan 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pandan wangi, 6 daun urang aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gram kemiri, 2 bunga mawar, dan 4 liter air.
Minyak kelapa dan minyak wijen dicampur dan panaskan. Seluruh daun lainnya dan kemiri ditumbuk hingga halus. Bunga yang ada seluruhnya dicacah kecil-kecil.
Semua bahan yang ada kemudian dicampur dan dipanaskan diatas api kecil selama 20 menit. Air rebusan disaring dan didinginkan. Sesudah dingin, oleskan di kulit kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan ini sehari dua kali sebelum  mandi.

9. Mengobati Susah Tidur

Untuk mengobati susah tidur dengan bunga melati caranya sangat mudah, yaitu: Ambillah akar bunga melati sebanyak 1-1,5 gram dan cuci hingga bersih.

Tumbuk akar bunga melati tersebut dan tambahkan air secukupnya. Saring dan minum hingga habis

10. Mengobati Stress

Aroma yang ada pada teh bunga melati dipercayai dapat memberikan efek relaksasi sama halnya dengan 13 manfaat bunga mawar untuk kesehatan dan kecantikan sehingga stress pun dapat hilang. 
Oleh karena itu, sebaiknya secara rutin mengonsumsi satu cangkir teh bunga melati untuk membuat syaraf yang tadinya tegang menjadi tenang dan juga membuat kulit lebih cantik setiap saat.

11. Menyeimbangkan Gula Darah

Teh bunga melati juga mempunyai khasiat menyeimbangkan gula darah dalam tubuh manusia. Untuk penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi teh bunga melati tanpa menggunakan gula.

12. Mengobati Jerawat di Wajah

Jerawat di wajah pun dapat hilang dengan alami dan cepat oleh bunga melati. Cara: Siapkan bunga melati 20 kuntum, asam kawak sebanyak 2 hari, 3 gram belerang dan 2 SDM air jeruk nipis. Cuci semua bahan yang ada dan tumbuk hingga halus.

Peras bahan yang sudah ditumbuk dan tambahkan jeruk nipis. Oleskan pada wajah yang berjerawat dua kali sehari dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas wajah sampai bersih.
13. Membuat Masker Tubuh

Cara membuat masker tubuh dengan bunga melati yaitu: Siapkan segenggam bunga melati, air mawar atau olive oil. Tumbuk halus bunga melati yang ada dan tambahkan air mawar atau olive oil
Oleskan pada bagian tubuh dengan merata dan diamkan 15-20 menit. Bilas tubuh hingga bersih. Untuk memberi hasil kulit yang cantik dan bersih anda dapat melakukannya 2-3 kali dalam seminggu.

14. Mengobati Radang Usus

Bunga melati juga mempunyai khasiat untuk penyakit usus seperti timbulnya radang di usus, cara: Siapkan segenggam bunga melati poncosuda.
Rebus bunga melati tersebut dengan 3 gelas air hingga air hanya tersisa untuk satu gelas saja. Minumlah air rebusan ini dua kali sehari.

15. Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah yang termasuk penyakit parah pun dapat diobati dengan khasiat bunga melati, cara: Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 air hingga tersisa hanya seukuran 1 gelas air saja.

Sesudah dingin segera minumkan air tersebut ke penderita demam berdarah. Lakukan ini dalam 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.
Apabila anda tidak dapat menemukan daun melati anda pun dapat mencoba daun pepaya karena 10 manfaat daun pepaya salah satunya adalah mengobati demam berdarah.

16. Radang Ginjal

Bukan hanya manfaat daun Sambiloto dan 9 manfaat Temulawak yang mampu mengobati radang ginjal namun bunga melati pun mempunyai khasiat yang sama, cara:
Rebus 15 gram daun melati yang sudah kering bersamaan dengan dua gelas air hingga tersisa hanya untuk ukuran satu gelas saja. Minum air rebusan ini dua kali sehari secara rutin hingga warna urine menjadi kembali normal.

17. Produksi ASI berlebihan

Produksi ASI yang banyak tentu baik untuk seorang ibu karena dapat memberikan asupan susu yang cukup untuk anak namun apabila terlalu berlebihan juga akan mengganggu, berikut caranya mengatasi produksi ASI yang berlebihan:  Ambil bunga melati secukupnya dan tempelkan di sekitar payudara. Lakukan ini secara rutin.

18. Campuran Teh

Bunga melati dapat digunakan untuk campuran teh agar aromanya wangi dan segar ketika diminum. Anda akan menemukan berbagai produk teh yang mencampurkan bunga melati dengan daun teh di dalamnya yang memberikan efek wangi yang menggoda.

Manfaat bunga melati memang cukup banyak, anda mungkin menemukan bahwa bunga melati digunakan untuk campuran minuman yang menyegarkan.

Kandungan Bunga Melati

Bunga Melati terbagi atas 3 jenis yaitu Jasminum sambac Maid of Orleans, Jasminum sambac Grand Duke, dan Jasminum offcinale. 
Bunga melati sendiri mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat diantaranya yaitu Minyak eteris (zat berbau), Indole, Linalcohol, Asetat benzilic, Alkohol benzilic, Livalylacetaat, dan Jasmon. 
Bunga Melati juga sangat efektif untuk mengatasi segala nyeri otot, sendi, dan sakit kepala.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar