Breaking

Minggu, 13 Oktober 2019

Manfaat Tanaman Saga


TAMAN OBAT -

Biji saga yang cantik warnanya, dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan di beberapa negara. Di Trinidad and Tobago, juga di negara-negara Karibia, biji saga dimanfaatkan sebagai hiasan gelang.   

Biji saga yang beracun, secara tradisional juga dimanfaatkan sebagai obat di kalangan warga Siddhar, Tamil. Biji saga itu dimurnikan terlebih dulu dengan cara direbus dengan susu.

Wikipedia menyebutkan di beberapa wilayah, termasuk menurut tradisi pengobatan di Siddha, daun saga secara tradisional dimanfaatkan untuk meredakan batuk. 

Beberapa tangkai daun segar direndam dalam air mendidih, kemudian disaring dan diminum setelah dingin.  Saga juga sejak lama dimanfaatkan dalam tradisi pengobatan Ayurveda di  India.

Mengutip ccrc.farmasi.ugm.ac.id, saga juga berkhasiat sebagai obat sariawan, selain obat batuk dan obat radang tenggorokan. Buku Rangkuman Fungsi dan Khasiat Tanaman Indonesia yang dikeluarkan Merapi Farma Herbal, menambahkan saga rambat juga dimanfaatkan sebagai obat sakit kuning.

Daun maupun akar saga mengandung protein, vitamin A,B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid, dan pentosan. Daun, batang, dan biji, mengandung saponin dan flavonoid. Batangnya mengandung polifenol. 

Biji saga mengandung tannin, sementara akarnya mengandung alkaloid, saponin, dan polifenol. Kandungan kimia saga rambat adalah adalah luteolin, Isoorientin, L-Abrine, Precatorin I, II, III, Abruquinone D, E, F, Abrussaponin I, II.

Penelitian terus dilakukan untuk menggali potensi saga rambat. Ekstrak etanolnya, disebutkan bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan terbukti potensial analgesik bagi hewan percobaan.

Berbagai hasil penelitian terus dilakukan untuk menggali lebih dalam potensi saga dalam bidang pengobatan, termasuk di lembaga Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC), Farmasi UGM, seperti dapat dibaca di situs ccrc.farmasi.ugm.ac.id, yang memasukkan tumbuhan ini ke dalam ensiklopedia tanaman antikanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar