Breaking

Sabtu, 12 Oktober 2019

Tanaman Daun Jarak Kaya Manfaat

TAMAN OBAT -
  
Daun jarak dikenal bisa menyembuhkan berbagai penyakit manusia. Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur pada lahan yang kering dan bisa dibudidayakan dengan cara stek. 
 
Beberapa bagian dari tanaman ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti bagian biji yang diekstrak menjadi minyak, akar dan juga daunnya.

1. Menghilangkan kurap

Daun jarak bisa digunakan untuk menghilangkan kurap karena minyak yang dikandung oleh tanaman ini memiliki senyawa aktif bernama asam undesilenat. 
 
Caranya: Cuci bersih daun jarak terlebih dahulu. Kemudian rendam di dalam minyak kelapa selama beberapa jam. Setelah itu panaskan minyak dan daun tersebut. Jika sudah siap, oleskan di bagian permukaan kulit yang terkena kurap. 
 
Kemudian tutup bagian tersebut dengan kain katun atau handuk kecil. Biarkan selama semalaman. Lakukan cara ini secara rutin hingga kurap menghilang.

2. Mengobati rematik

Penyakit ini muncul akibat otot atau persendian mengalami peradangan serta pembengkakan. Rematik bisa menyerang persendian tubuh bagian mana pun. 
 
Rasanya akan sangat menyakitkan dan menghalangi kita untuk beraktivitas seperti biasa. Jika kamu tidak mau minum obat dokter, cobalah menggunakan daun jarak sebagai obat. 
 
Caranya : Ambil 5 hingga 8 lembar daun jarak. Kemudian tumbuk hingga halus dengan sedikit air hangat. Setelah itu oleskan pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Lakukan 3 kali sehari hingga rematik mereda.

3. Mengobati sariawan

Jika sudah muncul sariawan, urusan makan dan berbicara akan sangat terganggu. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan mengoleskan getah daun jarak pada bagian yang terkena sariawan. 
 
Untuk mengeluarkan getah dari daun jarak pagar ini, Anda cukup meremas-remas bagian daun dan batang hingga getah muncul. Cukup gunakan sedikit saja.

4. Menghentikan luka berdarah

Khasiat berikutnya dari daun jarak pagar adalah untuk mengobati luka dan menghentikan pendarahan sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka terbuka tersebut. 
 
Untuk cara penggunaannya juga sama seperti mengatasi masalah kulit yakni dengan menggunakan daun jarak sebagai baluran pada luka. Lakukan dengan teratur atau setidaknya sampai pendarahan pada luka bisa berhenti.

5. Menyuburkan rambut

Bagi anda yang memiliki masalah seperti rambut tipis, kerontokan dan juga kebotakan juga bisa menggunakan daun jarak ini untuk menyuburkan rambut, karena dalam daun ini juga mengandung asam lemak omega 6 yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.
 
Caranya: Ambil 5 hingga 8 lembar daun jarak. Kemudian tumbuk dan peras dengan sedikit air hangat. Oleskan pada kulit kepala untuk menstimulasi peredaran darah sekaligus membuka pori-pori folikel rambut.
 
Sehingga bisa menutrisi rambut dari mulai akar hingga ujung rambut.  Setelah itu, bungkus dengan shower cap. Diamkan selama semalam dan baru dibilas bersih keesokan paginya.

6. Mengatasi masuk angin

Untuk mengatasi masuk angin ini, anda bisa memanfaatkan daun jarak yang sudah diolesi dengan sedikit minyak kayu putih kemudian tempelkan daun jarak di beberapa bagian tubuh seperti perut, dada dan juga punggung.

7. Meredakan nyeri menstruasi

Wanita seringkali mengeluhkan sakit perut dan juga kram saat menstruasi terhambat atau tertunda. Bahkan, pendarahan terlalu berlebihan saat menstruasi juga bisa menyebabkan wanita seringkali mengalami anemia dan depresi. 
 
Sifat emenagogue asam ricinoleic dalam daun jarak bisa membuka aliran menstruasi sehingga lebih lancar sekaligus meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan.

8. Menyembuhkan luka memar

Kegunaan lain dari daun jarak juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka serta memar sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari luka dan memar tersebut. 
 
Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan mengaplikasikan daun jarak pagar yang sudah dihaluskan pada area kulit yang sakit dan diganti secara berkala hingga menunjukkan hasil.

9. Menyembuhkan rematik

Kandungan asam oleat, asam ricinoleic, asam linoleat dan berbagai jenis asam lemak lainnya sangat baik digunakan untuk mengatasi encok atau rematik. 
 
Untuk hasil yang maksimal, daun jarak ini bisa dicampurkan dengan minyak esensial dan diaplikasikan secara rutin pada area yang mengalami rematik sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

10. Sebagai anti mikroba

Selain minyak jarak, daun jarak juga memiliki sifat anti mikroba dan sumber antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi segala infeksi, yang disebabkan oleh jamur dan juga mempercepat proses penyembuhan luka ringan pada kulit. Untuk itu, daun jarak pagar ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan juga nyeri pada kulit.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar