Breaking

Minggu, 06 Oktober 2019

Teratai Obati Batuk Darah

TAMAN OBAT -

Teratai (Nyimphaea) adalah tumbuhan yang hidup diatas permukaan air tenang, banyak ditemukan dikolam ikan, telaga, danau atau tempat-tempat berair lainnya. Tumbuhan ini merupakan salah satu anggota dari suku Nyiphaeaceae. 

Daun teratai berbentuk lingkaran penuh, Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. 

Tangkai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.

Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah bunganya. Bunga teratai mengandung lemak, karbohidrat, serat, protein, karoten, asam nikotinat, vitamin B1, vitamin B7, kalsium, mineral, fosfor, zat besi dan vitamin C. 

Manfaat teratai antara lain untuk mengobati batuk darah, mangatasi diare yang disertai muntah, obat disentri, menormalkan tekanan darah, menghentikan mimisan, mengatasi insomnia, mengobati panas dalam, mengatasi radang dan iritasi, membantu pembentukan sel darah merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar